Rabu, 03 November 2010

BROWSER

1. Pengertian Browser

Browser adalah, Aplikasi yang ada di komputer Anda, mirip dengan aplikasi pengolah kata atau aplikasi lain, yang dirancang untuk membaca tipe file data tertentu. Untuk mengakses WWW, Anda membutuhkan program software internet browser ini.


Pengertian browser dalam dunia internet adalah software atau alat yang digunakan untuk menjelajah internet. Pengertian browser tersebut sejalan dengan istilah “browse” dalam bahasa inggris yang artinya melihat-lihat atau membaca-baca. Arti browser oleh beberapa kalangan disamakan pula sebagai “perambah”.

2.SEJARAH

Sejarah web browser dimulai pada akhir tahun 80-an, ketika berbagai
teknologi baru menjadi dasar pembuatan web browser pertama di dunia,
WorldWideWeb, oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991.Browser itu
menggabungkan beberapa teknologi software dan hardware yang sudah eksis
maupun masih baru pada waktu itu.

Diperkenalkannya
web browser NCSA Mosaic pada tahun 1993 salah satu web browser grafis
pertama – memulai ledakan penggunaan web browser. Marc Andreessen,
pimpinan tean Mosaic di NCSA kemudian mendirikan perusahaannya sendiri,
Netscape dan meluncurkan Netscape Navigator pada tahun 1994. Dengan
...cepat Netscape Navigator menjadi browser paling populer di dunia, pada
masa jayanya digunakan oleh 90% pengguna web browser.Microsoft
pun merespon dengan web browser-nya, Internet Explorer (IE) pada tahun
1995, sehingga mencetuskan perang browser pertama di dunia. Membundel IE
dengan Windows, Microsoft mampu mengambil alih posisi pemimpin pasar
web browser. Pada tahun 2002, IE digunakan oleh lebih dari 95% pengguna.

 JENIS

Mozilla Firefox

Firefox, browser Bill gate’s killer. Firefox browser yang simple namun dengan banyak addon yang tersedia. Firefox hadir karena programmernya, yang jenuh akan popup yang tidak bisa Internet Explorer lakukan dan langsung melejit dengan angka download tinggi karena browser ini gratis dan juga mendukung tingkat sekuritas yang tinggi. Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird)






Opera 10.00 Aplha edition

Browser yang mengklaim dirinya akan meload 30% lebih cepat untuk membuka website. browser ini dulunya bersifat shareware (untuk versi gratis akan muncul iklan di side bar). namun sekarang Opera sudah menggratiskan browser ini. Opera adalah browser yang memang stylish dan patut untuk dimiliki. dukungan terhadap beragam widget yang disediakan opera membuat Opera menjadi browser yang multifungsi. salah satu widget Opera yang saya suka adalah Videodownloader (widget yang sama pada firefox) yang mengijinkan user untuk mendownload video di situs media seperti Youtube tanpa menggunakan software tambahan. hanya cukup memasukkan alamat link Youtube lalu klik tombol panah hijau.

Flock

Flock, browser berbasis situs komunitas. Browser yang mengambil teknologi Firefox ini memang menjadikan halaman awalnya sebagai penyedia beberapa situs vendor berbasis situs atau media untuk komunitas.

 

 

 

 

Slim Browser

 Slim browser menggunakan teknologi Internet Explorer (IE) namun dengan banyak fitur dan tingkat sekuritas tinggi.

BackStreet Browser

Ingin browsing situs secara offline? BackStreet Browser adalah solusinya. Browser yang sedikit memakan resource memori ini berfungsi untuk mengijinkan anda browsing secara offline dengan mendownload seluruh halaman yang ada di situs.

Kidrocket, browser untuk anak anda

Kidrocket adalah browser untuk anak anda. browser ini hanya membuka situs-situs tertentu seperti CartoonNetwork, Crayola, PBS Kids, HotWheels, Starfail, Sesame Street, Nickelodeon, TVO Kids, SFS Kids dan situs-situs khusus anak-anak lainnya.

OperaTor

Browser Opera yang lebih cantik dan powerfull untuk penjelajahan internet dengan Anonymous / “tak dikenal”. IP asli anda akan disembunyikan dengan menggunakan browser ini. OperaTor menggunakan browser Opera untuk berselancar namun terintegrasi dengan aplikasi Tor yang terdapat dalam satu bundle nya.

Google Chrome

Google Chrome adalah browser yang menggabungkan desain minimal dengan teknologi canggih agar Web dapat diakses dengan lebih cepat, aman, dan mudah.
Browser baru dari si mesin raksasa Google ini hadir dan di klaim sebagai browser dengan teknologi super cepat dalam me load halaman web karena menggunakan interpreter Javascript V8. 

Maxthon

Maxthon menggunakan IE sebagai dasar. namun punya fungsi yang mumpuni untuk kenyamanan anda berselancar di internet. dilengkapi dengan fitur Magic fill yang dibutuhkan untuk memasuki situs member.

Safari

Browser yang berasal dari Mac OS ini sekarang sudah tersedia untuk versi Windows. Browser yang simple dan mengaku browser terbaik di dunia karena mengeksekusi javascript dan me load halaman situs lebih baik dari browser-browser lain seperti Opera, IE dan bahkan mozila firefox 2

OLEH:
AUGHINA
ILMA
NANDA AYU
RIZKA RAHMI
RIZQI ADILLA

1 komentar:

  1. Komen Pak A'ar untuk Kelompok 4 :
    Untuk Sejarah, Pengertian dan Penjelasan jenis-jenis Browser sudah bagus,kekurangannya adalah untuk gambar icon jenis-jenis browser lebih baik diletakkan pada waktu penjelasan jenis-jenis browser.jangan dikumpulin jadi satu dibawah.
    Tugas Posting yang kedua adalah :
    Kalian jelaskan tentang Search Engine, Pengertian Search Engine, Manfaatnya, Jenis-Jenis Search Engine (Indonesia Search Engine dan Internasional Search Engine) minimal masing-masing 5 di sertai gambar dan penjelasan.

    BalasHapus