Rabu, 17 November 2010

artikel tentang pembuatan Email di Google / Gmail

Kegunaan email sekarang semakin meluas. Kalau pada awalnya kegunaannya terbatas sebagai alat surat-menyurat elektronik, sekarang hampir semua layanan internet meminta alamat email kita. Dari mulai mendaftar komunitas online, mendaftar keanggotaan forum, membuat blog, berlangganan update terbaru, hingga mengisi komentar pada suatu blog. Jadi sekarang alamat email adalah sesuatu yang wajib dimiliki oleh semua pengguna internet.
Artikel ini akan membahas tentang cara membuat atau mendaftar email google.
Kelebihan email yang disediakan gratis oleh google ini adalah kapasitasnya yang sangat besar sehingga kita tidak perlu menghapus sama sekali semua email yang masuk ke mailbox kita, pencarian email dengan cepat dengan menggunakan mesin pencari google yang powerful, fasilitas anti spam hasil inovasi google yang mampu menyaring pesan-pesan yang tidak anda inginkan. Selain itu, layanan ini juga memberikan fitur extra yaitu email forwarding atau penerusan pesan dan POP/IMAP yang jarang diberikan oleh layanan email gratis yang lainnya. Mengenai email forwarding dan POP/IMAP, akan kami bahas pada artikel yang lain.
Kelebihan lainnya adalah jika kita daftar email google, secara otomatis, kita mempunyai akun google yang bisa kita gunakan untuk mengakses semua layanan yang disediakan oleh google, seperti misalnya blogger (untuk membuat blog), picasa (untuk menyimpan gambar), youtube, adsense (untuk mencari uang di internet), google webmaster tools dan lain sebagainya. Jadi tidak ada ruginya jika kita membuat akun email google ini.langkah-langkah membuat email di gmail (google.com) 1. Langkah paling awal, siapkan koneksi internet, bukan browser, saya sarankan untuk memakai mozila fire fox, karena lebih enak dan cepat menurut saya
2. masukan alamatnya urulnya http://mail.google.com/ atau  http://gmail.com atau kamu juga bisa masukan dulu http://google.co.id, kemudian klik menu gmail pada bagian atas jendela google
cara membuat email di gmail

3. Kemudian pilih tombol [create an account] atau [sign up ke gmail]
4. Lalu masukan identitas kamu pada formulir pendaftaran, untuk langkah-langkah pengisian sangat mudah sekali, dan hamper sama dengan cara pengisian pada layanan email di Yahoo.com, kalau kesulitan dalam mengisi karena formulir berbahasa inggris, tinggal gantit aja bahasanya pada pojok kanan sebelah atas jendela formulir pendaftaran. Pilih bahasa sesukamu,
cara membuat email di gmail
5. Untuk pengisian verifikasi kata, jika sulit dibaca, bisa diganti dengan klik pada simbul kecil yang ada disebelah kanan kotak isian verfikasi kata.
cara membuat email di gmail
6.Kalau sudah diisi semua, tinggal klik tombol [I accept, Create my account] atau [Saya menerima. Buatkan akunku].. udah deh selesai
7. untuk mencoba menampilkan emailmu, lansung aja klik tombol [show me account] atau [saya siap – tampilkan account saya]
cara membuat email di gmail
8. Untuk menghindari serangan spamer terkadang gmail meminta verifikasi menggunakan SMS handphone kamu, masukkan saja nomor handphone kamu untuk mendapatkan no verifikasi yang digunakan untuk aktifasi akun Gmail. jangan kawatir, nomor handphone ini hanya digunakan untuk verifikasi akun email, oleh google tidak akan diapa-apakan.
masukkan nomor handphone kamu pada kolom yang tersedia kemudian klik Tombol [send verification code to my mobile phone]
cara membuat email di gmail
sesaat kemudian kamu akan mendapatkan SMS dari google, berisi kode verifikasi. masukkan nomor kode tersebut pada kolom yang baru saja tampil.
cara membuat email
kemudian klik pada tombil [verify]
9. setelah kamu klik verify, kamu akan menjumpai jendela seperti di bawah ini
cara membuat email di gmail
klik pada Link yang saya lingkari pada gambar di atas.
8. Kamu akan di bawa ke dalam jendela kotak masuk email kamu, untuk pertama kali ada satu pesan masuk dari gmail sendiri. Untuk membukanya, ya tinggal klik aja pesan yang tampil ada kotak masuk.
cara membuat email di gmail

9.Untuk keluar dari gmail kamu harus klik sign-out, dan jangan langsung klik exit pada jendela browser kamu. Karena kalau kamu tidak sign-out dan langsung klik exit, nanti suatu saat jika ada orang lain yang membuka layanan gmail, maka yang tampil adalah account gmail kamu… bisa bahaya kan???? Hal ini bisa terjadi kalau kamu akses internetnya di warnet, kalau akses internet di pc pribadi sih tidak masalah.
cara membuat
 email di gmail
10. Jika sudah sign-up dan kamu ingin membuka email, langkahnya buka http://mail.google.com, jika sudah tampil jendela gmail, masukkan id gmail, dan paswod kamu, kemudian klik [masuk] maka kamu akan di bawa ke kotak masuk gmail kamu…
cara membuat email di gmail
Sekian langkah-langkah membuat email di gmail dari saya, semoga bermanfaat.


Cara Menghapus: Gmail

akun Gmail, tidak begitu saja di-non-aktifkan setelah 3 bulan tidak digunakan.Anda dapat setiap saat menghapus Gmail dari Account Google. Jika Anda yakin tidak akan menggunakan Gmail di masa mendatang, ikuti langkah-langkah sebagai berikut untuk menghapusnya:
  1. Sign in ke account Gmail Anda.
  2. Klik Pengaturan di bagian atas halaman Gmail.
  3. Klik Account di panel menu Pengaturan.
  4. Klik pengaturan Account Google.
  5. Klik link Edit di sebelah 'Produk saya'.
  6. Klik Hapus Layanan Gmail, kemudian lengkapi bidang yang harus diisi.
Jika menggunakan Gmail dengan akun Anda, Anda tidak akan dapat mengakses kembali email tersebut. Anda juga tidak akan dapat lagi menggunakan nama pengguna Gmail.
CARA MENGIRIM EMAIL DAN ATTACHMENT FILE DI GOOGLE

Prosedur yang anda lakukan adalah:
1. Login ke account email (gmail)anda, gunakan link berikut: http://www.gmail.com
2. masukkan username dan password gmail anda
Klik tombol Masuk (Sign In)

3. klik tombol Buat Surat untuk memulai menulis pesan (message)


4. Pada bagian untuk : ketik alamat email tujuan (misalnya: muinzandi@yahoo.com)
Email tambahan bisa di Cc atau di Bcc, misalnya : muinzandi@gmail.com, andimuinz@yahoo.com (penulisan email jika lebih dari satu dipisah dengan tanda koma)

Keterangan:
Bcc bisa anda gunakan jika ingin orang yang anda kirimi email tidak bisa mengetahui ke mana saja email tersebut anda kirimkan). sederhananya seperti ini, jika anda mengirim email ke 20 orang (alamat email), maka orang pertama tidak tahu ke 19 orang lainnya yang anda kirimi email, demikian juga orang kedua tidak mengetahui ke 19 orang lainnya yang anda kirimi email, demikian seterusnya.
Jika menggunakan Cc maka 20 orang yang anda kirimi email mengetahui ke mana saja anda kirim email tersebut.
d. Judul : diisi dengan topik/tema surat

Isi pesan yang akan anda kirim pada bagian kotak teks editor
Untuk menyisipkan attachment/ file lampiran (dalam contoh ini saya melampirkan gambar). Klik tombol Lampiran

5. Pilih file yang akan dilampirkan
Klik tombol Open


6. Akan tampak satu file telah dilampirkan, untuk menambah file lain yang ingin dilampirkan, klik tombol "Lampirkan file lain"

7. Klik tombol "Browse"


8. Pilih file lain yang akan dilampirkan (lihat kotak dialg pada nomor 5 diatas)
Klik tombol selesai


9. Lihat sudah terlampir 2 file (anda bisa melampirkan lebih dari 2 file)
Untuk mengirim pesan klik tombol Kirim



10. Jika berhasil maka akan mucul pesan berikut

diposting oleh puput,adilla,ilma,ghina,riska,nanda

    2 komentar:

    1. kelompok 4 baru menjelaskan tentang membuat, membuka, menutup, dan menghapus e-mail ... kelompok anda belum menjelaskan cara menulis, mengirim, mengirim lampiran file, reply dan forward .
      dipelajari materi tentang E-mail dan Blog... besok kamis ada ulangan lagi 5 soal!!!(by:Pak A'ar)

      BalasHapus
    2. Kisi-Kisi UAS TIK Kelas XI Smtr 1
      =================================

      1.Pengertian Jaringan Komputer
      2.Jenis-Jenis Jaringan Komputer (Berdasarkan Jarak/Area, berdasarkan Fungsinya, berdasarkan Teknologi Transmisinya)
      3.Pengertian Topologi Jaringan
      4.Jenis-jenis topologi Jaringan (Bus, Ring, Star, Tree), pelajari juga perangkat keras yang membentuknya.
      5.Perangkat Keras Jaringan:
      a.Kartu Jaringan : Jenis-jenisnya, fungsinya, id kartu kartu jaringan namanya apa?
      b.Hub,Repeater,Bridge,Router,Modem,jenis-jenis kabel,konektor kabel utp, konektor kabel koaksial,kabel untuk internet dengan tv cable)
      6.ISP,URL,www,ip address(pengertian, kelas-kelasnya, pembagian network id dan host idnya),nama-nama domain (negara-negara, pemerintahan, internet provider,sekolah)
      7.Browser(Fungsi/Pengertian-nya,Sejarah Browser(browser berbasis grafis pertama,penemu browser berbasis grafis pertama, ie versi 1 dirilis, mozilla versi 1 dirilis),fasilitas2xnya (IE dan Mozilla),Browser Safari, Browser Opera,macam browser berbasis text)
      8.Search Engine (Fungsi/Pengertian-nya,macam search engine buatan indonesia, sejarah search engine(search engine berbasis web yang pertama, penemu yahoo dan google)
      9.Blog(menu-menu di blog dan fungsinya (Posting,Setting,Design))==> mengganti title, merubah warna title, menulis artikel,membuat kategori artikel,merubah background,menghapus blog,membuat tulisan readmore, menambah gadget, megganti template (file template di blog ekstensinya apa?)
      10.E-mail (Sign Up, To, CC, BCC, Subject,Reply, Forward,Attachments(ukuran maksimal di Google dan Yahoo))

      BalasHapus